Monday, May 13, 2013

Tips Aman Transaksi Sebagai Seller (Penjual) di Forum Online

Tips Aman Transaksi Sebagai Seller (Penjual) di Forum Online
Namanya juga penipuan, penjual sekalipun juga bisa tertipu. Resiko tertipu untuk penjual mungkin lebih kecil dari pada pembeli, namun tetap saja ada celah dimana penjual bisa kena tipu.

Oleh karena dari itu, ada beberapa tips aman bagi Seller (Penjual) agar tidak tertipu dengan buyer nakal :

  1. Baca Aturan Main Forum.
  2. Jika anda adalah Seller pemula, jangan lupa membaca dahulu peraturan yang ada pada forum tersebut. Tiap-tiap forum umumnya memiliki peraturan tersendiri. Peraturan Forum dapat dilihat di halaman pertama setiap Forum.
  3. Bergabung dengan Komunitas Forum.
  4. Sebagai Seller, rekomendasi dan referensi dari komunitas forum bisa membantu untuk memberikan testimoni yang mendukung kepercayaan Buyer terhadap anda sebagai Seller. Selain itu jumlah postingan menunjukkan bahwa anda aktif dan jauh bertentangan dari penipu yang lebih banyak yang pasif!
  5. Berikan Informasi Lengkap dan Benar.
  6. Berikan judul thread yang jelas dan mudah dimengerti calon Buyer / Pembeli. Penting juga untuk menuliskan informasi yang lengkap dan benar mengenai produk anda, agar calon Buyer tidak bolak-balik bertanya hal-hal yang sepele. Jangan sampai Buyer merasa tertipu dengan barang yang dibeli hanya karena informasi dari Seller tidak lengkap. Jika produk yang anda jual bisa didokumentasikan, dianjurkan untuk mem-foto dari berbagai sisi produk dengan jelas.
  7. Berikan Nomor Kontak.
  8. Berikan informasi yang lengkap dan benar bagaimana cara calon Buyer bisa menghubungi anda. Biasanya Seller menuliskan nama, nomor handphone, email dan ID internet messenger (YM, Skype, GTalk, dll). Dipersilahkan menambahkan jalur-jalur komunikasi lain (misalnya pin BB, WhatsApp, dsb). Jika tidak bisa standby 24 jam, harap tulis jam berapa saja anda bisa merespon komunikasi dari calon Buyer.
  9. Pilih Cara Pembayaran Yang Aman.
  10. Jika bertransaksi dengan Buyer yang belum anda kenal, sebaiknya menggunakan cara pembayaran dengan menggunakan Rekber (Rekening Bersama) atau COD (Cash on Delivery). Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan calon Buyer terhadap thread jualan anda.
  11. Jangan Mudah Percaya.
  12. Jangan berikan barang / jasa pada pembeli yang kurang terpercaya karena ada kemungkinan anda ditipu. Sekalipun menggunakan Rekber, penjual pun bisa tertipu karena pembeli mengaku tidak mendapatkan barang / jasa yang anda jual padahal sudah anda berikan. Intinya, jangan bertransaksi dengan pembeli yang tidak jelas, minimal calon pembeli harus reply (membalasa) lapak atau thread jualan anda.
  13. Jangan Mempromosikan Thread Jualan bukan pada tempatnya.
  14. Biasanya setiap forum memiliki sub forum jualan tersendiri. Jangan mempromosikan / membuat thread jualan di sub forum diskusi, karena ini akan memberikan citra negatif bagi anda selaku Seller. Atau lebih parahnya thread jualan anda ada yang menjahilinya.
  15. Tidak Menjual Barang yang Melanggar Hukum.
  16. Pastikan produk yang anda jual adalah produk-produk yang tidak melanggar hukum. Jangan menjual produk bajakan, barang selundupan, narkotika, obat terlarang, manusia, flora dan fauna yang dilindungi, serta hal-hal lain yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.
  17. Pentingnya Berita Acara Transfer.
  18. Jika pembeli menggunakan transfer manual di kasir bank, ataupun melalui Internet banking. Pastikan meminta pembeli menulis berita acara pada kolom yang di sediakan di menu transfer bank. Ini untuk memastikan bahwa dana yang anda terima adalah benar-benar untuk membeli produk / jasa yang anda jual.
  19. Konfirmasi setelah menerima pembayaran.
  20. Lakukan konfirmasi kepada Buyer (dan atau penyedia layanan Rekber) jika pembayaran telah diterima. Ini untuk memberi kepercayaan pada buyer, bahwa anda bukan penipu dan dana memang benar sudah di terima.
  21. Simpan Bukti Transfer dan Bukti Pengiriman Barang.
  22. Simpan bukti telah terima transfer dan bukti komunikasi elektronik yang pernah dilakukan dengan pihak Pembeli. Ini bisa digunakan sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi yang agan lakukan. Sedangkan bukti pengiriman akan berguna jika ada kendala atau permasalahn barang yang tidak sampai ketangan buyer. Utamakan jika menggunakan layanan paket pengiriman barang pada jasa terpercaya dan mempunyai nomor tracking, sehingga barang yang sudah di kirim bisa di ketahui keberadaanya dengan jelas.
  23. Minta Testimoni Buyer.
  24. Usahakan buyer mau memberi testimoni / review terhadap produk / jasa yang anda jual di thread jualan anda. Ini untuk meningkatkan kepercayaan terhadap calon pembeli lain dan untuk meningkatkan pelayanan anda terhadap calon pembeli.
Selamat berjualan, jadilah penjual yang terpercaya dan terekomendasi.

No comments: