Monday, May 13, 2013

Pengertian Cash on Delivery (COD)

Pengertian Cash on Delivery (COD)

Apa itu Cash on Delivery (COD)?

Pengertian gampangnya ada uang ada barang. Atau jika barang datang baru kita bayar.

Jadi, pembeli membayar sejumlah uang yang telah di sepakati kepada penjual dengan cara cash setelah melihat dan menerima barang.

Untuk lokasi pembayaran sesuai kesepakatan kedua belah pihak, apakah dirumah pembeli atau di tempat kesepakatan. Tetapi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya tempat COD itu di rumah pembeli atau dilokasi yang memang benar-benar di ketahui oleh pembeli.

Memang terkadang timbul persoalan yang merugikan kedua belah pihak, seperti pembeli yang rewel tidak mau membayar ketika sudah melihat kondisi barang, sehingga penjual rugi waktu dan uang bensin. Namun ada juga pembeli yang merasa rugi, karena penjual tidak tepat waktu dalam perjanjian.

Untuk penjual, ada baiknya anda menjelaskan sedetail mungkin kondisi barang kepada calon pembeli, sehingga tidak terjadi pembatalan sepihak ketika barang sudah di antar ke pembeli.

Cash on Delivery (COD) adalah salah satu cara untuk menimbulkan kepercayaan pada calon pembeli, sehingga ada kedekatan serta kepercayaan jika pembeli kembali memesan barang kepada penjual yang sama.

Selamat bertransaksi dan utamakan kepuasan pelanggan.

No comments: