Sunday, May 12, 2013

Tips Aman Transaksi Sebagai Buyer (Pembeli) di Forum Online

Tips Aman Transaksi Sebagai Buyer (Pembeli) di Forum Online
Jika anda adalah Buyer / Pembeli, maka  adalah pihak yang memiliki resiko tertipu lebih tinggi dibandingkan Seller / Penjual , seringkali dalam berbagai kasus penipuan, yang menjadi korban adalah pembeli.

Berikut ini tips cara aman jika anda bertansaksi di sebuah forum online jika anda adalah sebagai Buyer (Pembeli) :

  1. Baca Aturan Main Forum.
  2. Jika Anda Buyer pemula atau baru, jangan lupa membaca dahulu peraturan yang ada pada forum tersebut. Tiap-tiap forum umumnya memiliki peraturan tersendiri.
  3. Perhatikan Reputasi Seller (Penjual).
    • Lihat review atau testimoni dari buyer sebelum anda.
    • Perhatikan baik-baik testimoni tersebut apakah testimoni asli atau palsu dan lihat juga siapa yang memberi testimoni tersebut untuk meyakinkan bahwa testimoni itu bukan rekayasa dari si penjual.
    • Lihat Username.
    • Jika seller benar-benar ingin berjualan, maka username pastilah yang mudah di baca dan diingat siapa saja.
    • Lihat Join date (tanggal bergabung di forum) serta Jumlah Posting Seller.
    • Ini menunjukkan berapa lama seller sudah bergabung di sebuah forum dan sosialisai mereka terhadap penghuni forum tersebut.
  4. Cari Pembanding Terkait dengan Harga dan Produk.
  5. Harga produk yang terlalu murah dibandingkan harga pasaran sangat perlu diwaspadai. Tawaran hadiah atau bonus berlebihan juga termasuk hal yang perlu dicurigai.
  6. Jangan Mudah Percaya dan Memaksakan Diri.
  7. Jika anda tidak mengetahui siapa lawan transaksi anda, maka anda jangan langsung percaya. Tanyakan hal-hal yang bisa membuat anda dapat mempercayai bertransaksi dengan mereka.
  8. Jangan Menanyakan Hal yang Sepele Terus Menerus.
  9. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, sebaiknya dikumpulkan dan disampaikan dalam satu kali. Bolak-balik bertanya akan memberikan kesan bahwa Anda adalah buyer yang sekedar iseng.
  10. Pilih Cara Pembayaran Yang Aman.
  11. Jika Anda belum mengenal Seller, pilihlah cara pembayaran yang aman, yaitu Rekber (Rekening Bersama) yaitu sistem transfer ke pihak ke 3 yang biasanya terdapat di dalam forum jual beli atau untuk lebih aman anda bisa melakukan COD (Cash on Delivery) yaitu ketemuan langsung untuk transaksi dengan si penjual.
    Hindari transfer dalam jumlah berapa pun jika Anda tidak betul-betul mengenal Seller, sekalipun hanya meminta DP (uang muka) sekian persen.
  12. Cari Data Penjual di Mesin Pencari Google.
  13. Google sampai saat ini adalah mesin pencari nomor satu di dunia yang mengumpulkan data-data yang tersebar di internet. Anda bisa memanfaatkan google untuk mengetahui siapa lawan transaksi anda. Caranya adalah copy paste data penjual, username, email, no rekening ataupun nama yang mereka gunakan ke kolom pencaraian Google.com. Anda bisa melihat hasil pencarian tersebut pada link yang di tampilkan, apakah pernah di gunakan oleh orang lain serta tanggapan dari orang yang pernah bertransaksi dengan data tersebut. Apabila tidak ada hasil yang sesuai berarti data tersebut belum / tidak pernah di publikasikan di internet.
  14. Pentingnya Berita Acara Transfer.
  15. Jika anda melakukan pembayaran dengan sistem transfer manual di kasir bank, ataupun melalui Internet banking. Pastikan menulis berita acara pada kolom yang di sediakan di menu transfer bank. Ini untuk memastikan bahwa dana yang anda kirim adalah benar-benar untuk membeli produk / jasa yang ingin anda beli.Ini juga bisa digunakan sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi yang anda lakukan.
  16. Konfirmasi Setelah Melakukan Pembayaran.
  17. Lakukan konfirmasi setelah anda melakukan pembayaran (terutama jika menggunakan Rekber)di thread jualan tersebut atau jika perlu anda lampirkan screenshot. Hal ini untuk mencegah kecurigaan dari pihak Seller bahwa anda adalah Buyer palsu.
  18. Simpan Bukti Transfer.
  19. Simpan bukti transfer dan bukti komunikasi elektronik yang pernah dilakukan dengan pihak Penjual. Ini bisa digunakan sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi yang anda lakukan.
  20. Beri Testimoni Mengenai Seller.
  21. Berikan testimoni / review tentang hasil transaksi anda dengan penjual untuk membangun komunitas jual-beli yang aktif, aman dan terpercaya.
Selamat Bertransaksi online dan tetap waspada.

No comments: